Facebook View
Blog Cara Memilih atau Menentukan Instalasi Panel Surya

Cara Memilih atau Menentukan Instalasi Panel Surya

Cara Memilih atau Menentukan Instalasi Panel Surya

Tingkat konsumsi listrik meningkat dari hari ke hari karena meningkatnya populasi manusia, hal ini mengakibatkan terpakainya banyak sekali sumber daya energi yang tidak dapat diperbarui seperti contohnya batu bara, minyak, dan lain sebagainya. Waktunya untuk mengambil langkah awal dan tindakan kita untuk mencari sumber energi yang ramah terhadap lingkungan. Salah satu sumber energi terbarukan adalah panel surya. Panel surya adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi efek karbon, ramah lingkungan, serta menghemat tagihan listrik Anda. Memasang panel surya di rumah adalah keputusan besar dan ada beberapa hal yang perlu Anda ingat sebelum mengambil risiko. Namun jangan khawatir, dibawah ini aka nada hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemasangan panel surya. Pada bagian ini, kita akan mengeksplorasi proses pemasangan panel surya langkah demi langkah, bersama dengan pertimbangan penting untuk memastikan pemasangan yang berhasil. Sebelum ter-jun ke proses pemasangan, sangat penting untuk mengetahui kesesuaian rumah Anda untuk pemasangan panel surya. Faktor-faktor seperti tipe atap, peletakkan pada tiang penyangga ataupun bangunan terdekat di rumah Anda semua harus diperhitungkan.

Ruang yang Ingin Anda Pasangi Panel Surya Akan Menentukan Metode Pemasangan yang Cocok

Hal pertama yang Anda pertimbangkan ketika memilih lokasi pemasangan adalah tempat yang Anda ingin pasangi panel surya. Beberapa tempat umum adalah atap, tapi juga masih mungkin untuk me-masangnya di dinding atau struktur lain seperti gudang atau garasi. Atap umumnya adalah pilihan terbaik untuk pemasangan panel surya karena mereka memberikan ruang untuk banyak tipe panel yang dapat dimiringkan menghadap matahari sepanjang hari. Akan tetapi, jika tidak ada cukup ruang di atap Anda untuk pemasangan seperti ini (atau jika atap Anda tidak datar), maka sistem pemasangan-dinding atau pemasangan-tanah akan lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Setiap jenis atap memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dalam hal panel surya. Atap berge-lombang adalah jenis atap yang paling populer untuk panel surya, karena terkena paparan sinar ma-tahari terbaik dan paling mudah untuk memasang panel. Atap logam juga merupakan pilihan yang baik untuk panel surya, karena tahan lama dan memiliki daya tahan tinggi terhadap angin dan api. Namun, atap logam bisa lebih sulit untuk memasang panel. Atap datar adalah jenis atap yang paling tidak populer untuk panel surya. Karena atap ini terkena paparan sinar matahari paling sedikit dan sulit untuk dipasang. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk memasang panel surya, penting untuk berkonsultasi dengan ahli panel surya untuk menentukan jenis atap terbaik untuk kebutuhan Anda. Anda juga perlu memutuskan jenis atap yang Anda miliki sebelum memutuskan jenis panel surya yang akan dipasang. Jika Anda memiliki atap miring, Anda dapat memasang salah satu jenis panel surya. Jika Anda memiliki atap datar, Anda hanya dapat memasang panel surya datar.

Panel Surya Biasanya dipasang di Atas Rak atau Rangka

1. Dudukan atap

Panel surya yang dipasang langsung di atas atap rumah Anda memiliki rangka yang menahannya di tempat. Opsi ini memperbolehkan Anda mengambil sinar matahari alami dan bayangan dari pepohonan, tapi akan jadi sulit dipasang jika rumah Anda tidak memiliki permukaan datar di puncaknya (seperti rumah dengan rangka berbentuk A).

2. Dudukan tiang

Jika rumah Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk panel surya di atap, Anda dapat memasangnya di atas tiang yang dekat, sekitar 7 meter dari struktur utama rumah Anda. Ada 2 jenis dudukan tiang: pemasangan-tanah dan pemasangan-rangka. Tiang dengan pemasangan-tanah membutuhkan lebih sedikit peralatan tapi membutuhkan lebih banyak tenaga dari pada pemasangan-rangka; akan tetapi, kedua tipe menawarkan manfaat yang sama ketika digunakan dengan benar (contohnya, memberikan jarak cukup antara panel).

Cara Pemasangan Panel Surya Sesuai Kebutuhan

Apabila hendak menggunakan panel surya, maka anda Harus mengetahui bagaimana langkah pemasangan yang cepat dan tepat. Hal ini mempengaruhi pada kinerja panel surya, jika panel tidak dipasang sesuai dengan teknik pemasangan yang benar, maka penggunaannya pun kurang optimal. Berikut cara pasang panel surya di beberapa tempat.

1. Pemasangan Model Pondasi

Jenis ini merupakan tipe yang paling banyak digunakan untuk pemasangan panel di tanah. Ji-ka menggunakan tipe pemasangan ini, Anda harus memasang pipa di tanah yang telah di ek-skafasi atau penggalian, sehingga pemasangan panel menjadi lebih mudah. Tanah yang digunakan untuk model pemasangan tipe ini harus kuat dank eras, agar pondasi panel tidak terserap masuk ke tanah ataupun amblas karena pengikisan tanah.

2. Pemasangan Satu Tiang

Keuntungan dari penggunaan model pemasangan ini adalah ia tidak perlu menggunakan pon-dasi yang banyak guna meletakkan panel. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan tiang dengan ketinggian tertentu. Untuk Anda yang ingin model pemasangan yang efisien dan lebih cepat, menggunakan model pemasangan satu tiang bisa dipertimbangkan.

3. Pemasangan Railed Mounting

Jenis pemasangan ini cukup efisien jika hendak dipasang menggunakan pemasangan model atap. Tiap panel dapat disambungkan satu –satu menggunakan pengikat khusus. Lalu sistem pengikat tersebut kemudian disambungkan kea tap rumah.

4. Pemasangan Model Rail-Less

Jenis pemasangan ini dengan menyambungkan mesin panel menggunakan baut dan sekrup. Dari hal ini tentunya memberikan banyak sekali keuntungan dibandingkan pemasangan lainnya, sebab lebih cepat selesai untuk efisiensi waktu. Namun teknik ini cukup mengkha-watirkan ketika Anda tidak benar-benar mengerti teknik ini. Karena hal ini berpengaruh dan dapat merusak panel solar.

Kami harap artikel ini telah membantu Anda untuk memahami pentingnya mendesain pemasangan panel surya. Pemasangan penal surya yang baik dapat meningkatkan efisiensi dan hasil dari panel surya Anda, yang berarti lebih banyak energi dihasilkan untuk rumah atau bisnis Anda. Sangat penting untuk mempertimbangkan semua aspek untuk proyek Anda sebelum memulai konstruksi sehingga semua berjalan dengan lancar saat hari pemasangan tiba! Ingin memasang panel surya di atap gedung industri Anda? Mencari solar mounting system yang tepat, kuat dan tahan lama? Tunggu apalagi, klik disini untuk memesan CA-Solar Mounting System.